Kamis, 03 Desember 2009

Solider Vs Soliter


ALL BY MYself.........

selama ini bisa jd kita mengenal solitaire sebagai salah satu permainan komputer yang mengasyikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), soliter memiliki arti penyendiri atau sepasang-sepasang, ngggak bekelompok. Di dalam bahasa inggris, solitary berarti melakukan sesuatu sendirian tanpa orang lain.jadi, nggak salah kok kalau orang yang senang melakukan segala sesuatunya sendiri disebut soliter.

walaupun tedengar negatif, menurut Anindita budhi, S.psi dari personal growth kata Soliter sebenarnya bersifat netral tergantung bagaimana kita memaknai dan menempatkannya dalam konteks.

POLA ASUH & PENGALAMAN

Penyebab soliter beragam. sseorang bisa menjadi soliter nggak hanya terbatas karena dia perfeksionis atau nggak mudah percaya pada orang lain. lebih jauh lagi penyebabnya bisa berkaitan erat dengan pola asuh, lingkungan tempat tumbuh dan pengalaman hidup.

Sulit CARI JODOH???

pada dasarnya setiap orang memangmemiliki sikap soliter. tapi porsinya berbeda-beda.Orang yang kurang soliter bisa sangat membutuhkan oranglain dan malah nggak nyaman berlama-lama sendirian. sebaliknya orang yang sangat soliter justru merasakan keberadaan orang lain sebagai gangguan.

Biasanya mereka yang terlalu soliter menjadi pribadi yang egois dang nggak peduli orang lain selama kebutuhannya terpenuhi.kadang, juga nggak terbiasa dengan aturan maon di masyarakat. sikap ini tentu membawa konsekuensi negatif.

Tahu waktu dunks..
sikap soliter tetap diperlukan dalam hidup kita, soalnya saat sendirian justru kita punya waktu 'ekslusif' untuk merenung dan berdialog dengan diri sendiri. akhirnya proses ini dapat membantu seseorang menemukan kedewasaan.lagipula sikap soliter bukan sesuatu yang harus dihilangkan tapi harus dikelola dan diatur.

" sebagai manusia, kita memang bisa tumbuh sendiri. di sisi lain, kita jadi berkembang karena keberadaan orang lain.makanya kesendirian dan keberadaan orang lain merupakan dua sisi yang selalu ada dalam hidup kita.keduanya berjalan beriringan agar seimbang, Anindita".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar