Dalam Telematika, ada beberapa layananan yang dapat digunakan. Yang termasuk dalam layanan tersebut adalah layanan dial up untuk browsing internet maupun semua jenis atau macam jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mentransfer ataupun mengirimkan data melalui layanan Internet. Internet sendiri merupakan salah satu layanan yang merupakan contoh dari telematika.
Pelayanan Telematika di Indonesia saat ini, baik dalam pengaturan maupun pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang bergerak di sektor Telematika diatur atau dikelola oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika. Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (singkatan dari DitJen APTEL) adalah salah satu unsur pelaksana tugas dan fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Berikut ini merupakan uraiannya :
Layanan Telematika di bidang kesehatan :
TeleSCAN berpartner dengan ACTION project Cluster of The DGXIII 4th Framework Program, bekerja sama dengan HORIZON dan MEDICO Projects. TeleScan didesain untuk mendemonstrasikan keuntungan dan kemampuan dari telematika multimedia kepada para Oncologist, sehingga lebih memberdayakan fasilitas Teknologi informasi sebagai salah satu peralatan klinis yang efektif baik untuk petugas klinik dan staff.
Layanan Telematika dalam bidang Kepolisian :
Untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek status laporan kasus yang dilaporkannya dengan meng-klik website Polda Metro Jaya di http://www.reskrimum.metro.polri.go.id
Hal yang diunggulkan oleh layanan ini adalah proses Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2H) dengan sistem online ini akan membantu masyarakan mempermudah dan mengecek perkembangan proses penyidikan kasus yang dilaporkan.
Layanan Telematika di Bidang Transportasi :
Selain itu, Toyota juga memiliki layanan navigasi yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan peta lengkap dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai Hotel, Rumah Sakit, hingga dealer Toyota sudah terekam, yang sudah meliputi wilayah Pulau Jawa dan Bali. Dan pada September 2008, layanan peta akan menjangkau Sumatera.Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan Graphics User Interface yang didesain secara khusus. Dengan layanan Toyota Genuine Accessories. selain itu Toyota Navigation mempermudah pengguna dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.
Masalah yang Teridentifikasi dalam penyebarab pelayanan telematika
sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/layanan-telematika-4/
http://telematikapedesaan.blogdetik.com/2009/07/20/masalah-yang-teridentifikasi-dalam-penyebaran-pelayanan-telematika/
http://www.telescan.nki.nl
http://www.biskom.web.id/
http://www.belitoyota.com/
* Jangkauan pelayanan telematika telah mencangkup dalam berbagai lingkup kehidupan manusia.
BalasHapus*pelayanan telekomunikasi nasional dan telematika secara umum dirasakan masih sangat tertinggal baik dari sisi penetrasi,kualitas dan jangkauan pelayanan.